Profil Lengkap Giorgio Chiellini dan Profil Tim dan Biodata Pemain

Profil Lengkap Giorgio Chiellini dan Profil Tim dan Biodata Pemain

Giorgio Chiellini adalah pemain berkebangsaan Italia yang dilahirkan pada tanggal 14 Agustus 1984 di Pisa, Italia. Kini dengan tinggin badan 186 sentimeter, ia adalah pemain bek di Juventus bernomor punggung 3. Chiellini terkenal sebagai pemain dengan sprint yang istimewa dan Juventus memang memiliki segudang pemain-pemain berbakat lainnya. Chiellini sendiri mengawali karirnya sebagai pesepak bola muda bersama klub Livorno pada tahun 1990 sampai dengan tahun 2000. Karirnya berlanjut dengan karier senior Livorno pada tahun 2000 sampai dengan 2004. Selama bersama Livorno, ia tampil 55 kali dan berhasil mencetak 4 gol selama tampil. Selesai bermain untuk Livorno, Chiellini melanjutkan karirnya bersama Fiorentina selama satu musim. Selama 37 penampilannya, ia berhasil mencetak 3 gol. Sementara selama bersama Juventus, ia telah tampil sebanyak 228 kali dan menyumbangkan 19 gol. Informasi tersebut diperoleh per 27 Juli 2013.

Profil Lengkap Giorgio Chiellini dan Profil Tim dan Biodata Pemain

Selama bermain untuk Livorno, ia membuktikan kemahirannya bermain bola. Menunjukkan kegesitannya menggiringbola dilapangan hijau. Ia pun dilirik oleh beberapa tim besar. Pada saat itu ia masuk kedalam jajaran tim U19 Italia dan berhasil membawa Negaranya menjuarai UEFA 2003 untuk U19. Karirnya terus meroket kala ia dikontrak oleh Juventus. Posisinya sebagai bek bukan posisi yang ditentukan sembarangan. Kemampuan berlarinya yang cekatan dan cepat membuat ia sebagai pemain bek terkenal yang dipuji-puji oleh pelatih tim. Ia sukses menjadi pemain regular di barisan pertahanan Juve bersama Nicola. Dan kecepatannya mampu membawa La Squadra Azzura menuju klasemen baru.

Ia pun mampu berkontribusi dengan sangat baik mempertahankan tim nasional Italia dan menggantikan Fabio Cannavaro di bagian belakang. Permainan apiknya di bagian belakang membawanya merebut gelar pemain belakang terbaik serie A berturut-turut selama 2008 sampai 2010. Keagresifannya dalam mempertahankan bola untuk timnya membuat Chiellini dipercaya Juventus menggantikan Buffon sebagai kapten tim. Ia adalah pemain dengan semangat dan tekad yang tinggi. Saking bersemangatnya, ia sempat mematahkan hidungnya. Permainan yang bagus membutuhkan pengorbanan, membuatnya tepaksa mengenakan topeng pelindung selama beberapa pertandingan.

Chiellini telah menerima banyak pujian baik dari pelatih, rekan-rekan timnya maupun para penikmat sepak bola. Ia sudah taka sing lagi dengan itu, namun hal tersebut tak membuatnya tinggi dan besar kepala. Justru ia masih seperti Chiellini yang teman-temannya kenal. Sikapnya yang ramah, rendah hati dan skill sepak bola yang mengagumkan khalayak memberikan Chiellini kesempatan untuk terus maju menggeluti dunia sepak bola dengan tekad yang tetap kuat hingga akhir. Ia menjadi salah satu ikon pertahanan yang dibanggakan Juve dan yang terus dipuji oleh tim-tim lawan. Contohnya Napoli Walter Mazzarri mengaku Chiellini merupakan pemain kunci pertahanan Juve. Ia berkata bahwa Chiellini adalah pemain dari planet lain karena kemampuan pertahannya yang luar biasa.

Dengan pujian-pujian dan catatan rekor karirnya selama ini, terbuka kesempatan besar bagi dirinya untuk kembali membela Italia dalam EURO 2016 nanti. Jika ditilik ulang dari catatan karir Chiellini yang telah dibahas diatas, ia memiliki potensi besar, bahkan sangat besar untuk masuk ke lini inti tim nasional Italia, bersama Buffon dan jejeran pemain Italia terbaik lainnya. Apakah ia akan diturunkan untuk mempertahankan Italia di perebutan Piala Kejuaraan Sepak Bola UEFA 2016 di Perancis nanti? Kita tunggu saja. Yang jelas dengan kemampuan Chiellini, ia pantas mendapatkan posisi tim inti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*